KAJIAN STRUKTURAL TERHADAP NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL AYAHKU BUKAN PEMBOHONG KARYA TERE LIYE DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SMA

SAEPUDIN, ASEP (2023) KAJIAN STRUKTURAL TERHADAP NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL AYAHKU BUKAN PEMBOHONG KARYA TERE LIYE DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SMA. Thesis(S2) thesis, Universitaas Pasundan.

[img] Text
Asep Saepudin - 218090010 - MPBI Jurnal.docx

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
Tesis Revisi Asep Saepudin MPBSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tingkat apresiasi sastra di lingkungan pendidikan khususnya sekolah masih kurang, sehingga penekanan tentang apresiasi sastra perlu lebih diperhatikan. Pengajaran sastra memiliki peran bagi pemupukan kecerdasan semua aspek. Dengan demikian, ilmu sastra Indonesia perlu adanya pembelajaran yang lebih mendalam dan baik. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif terhadap Novel Ayahku Bukan Pembohong. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan unsur intrinsik yang memuat nilai pendidikan karakter serta pemanfaatannya untuk bahan ajar. Dalam karya sastra novel terdapat beberapa nilai yang bisa dianalisis diantaranya nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Cara menganalisis nilai pendidikan karakter tersebut yaitu dengan menggunakan pendekatan strukturalisme. Berdasarkan analisis data pembahasan yang telah dilakukan, hal ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter pada novel Ayahku Bukan Pembohong didasarkan pada nilai kejujuran, religius, bertanggung jawab, gotong royong dan integritas. Hasil kajian tersebut, diimplementasikan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Kata-kata kunci: Kajian Struktural, Nilai Pendidikan Karakter , Unsur Intrinsik.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 06 Dec 2023 06:42
Last Modified: 09 Jan 2024 06:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67545

Actions (login required)

View Item View Item