STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS TAMAN WISATA BOUGENVILLE (Studi Kasus Marketing Public Relations pada Kawasan Taman Wisata Bougenville, Puntang, Kabupaten Bandung)

Wiyatie Pratama, Nanda (2023) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS TAMAN WISATA BOUGENVILLE (Studi Kasus Marketing Public Relations pada Kawasan Taman Wisata Bougenville, Puntang, Kabupaten Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Jurnal_Nanda Wiyatie Pratama_218080015.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Perkembangan bisnis Kawasan Wisata di Bandung merupakan salah satu fenomena yang sangat menarik untuk disimak dan digali lebih dalam. Situasi pandemik Covid 19 telah mengubah banyak perilaku dan kebiasaan manusia, termasuk diantaranya adalah dalam pemilihan destinasi liburan keluarga. Saat ini, wisata luar ruang (outdoor recreations) menjadi minat tersendiri mengingat cenderung lebih aman dan nyaman daripada wisata dalam ruang (indoor recreations). Selain itu, adanya globalisasi di bidang ekonomi yang membuka peluang usaha semakin lebar, sehingga membuat para pengusaha turut berkompetisi dalam menjaring konsumen. Dampak globalisasi tersebut membuat industri pada aspek jasa seperti manufaktur, transportasi, telekomunikasi, perbankan dan banyak perusahaan yang bergerak di bidang jasa lainnya berkembang dengan sangat pesat. Bisnis kawasan wisata merupakan salah satu bidang jasa yang berkembang demikian pesatnya. Industri yang menawarkan produk dan layanan ini memiliki banyak aspek yang akan menyokong keberhasilannya dalam menjaring konsumen. Di era globalisasi sekarang ini, kemajuan di bidang pariwisata sangatlah pesat. Pariwisata sudah diakui sebagai industri terbesar abad ini, dilihat dari berbagai indikator perkembangan dunia, di tahun-tahun mendatang peranan pariwisata akan semakin meningkat. Oleh karena itu, banyak yang harus dilakukan untuk mengembangkan potensi-potensi wisata khususnya di Indonesia. Hal ini juga dikarenakan sektor pariwisata sangatlah penting mengingat sektor pariwisata ikut mendorong pengembangan suatu daerah khususnya daerah yang memiliki potensi wisata yang sangat besar serta mendatangkan devisa yang cukup besar bagi daerah yang dikunjungi wisatawan juga bagi negara. Usaha bidang jasa merupakan sektor layanan yang menawarkan keramah-tamahan serta ketrampilan para karyawan dalam mengemas produk dan layanan jasa yang disodorkan kepada calon Customer. Kenyamanan pengunjung kawasan wisata dalam menggunakan jasa kawasan wisata merupakan prasyarat utama, sehingga para pengelola kawasan wisata harus menciptakan kenyamanan dan fasilitas sebaik mungkin agar jasa hunian kawasan wisata dapat dipertahankan. Dalam aktifitas pemasaran, kegiatan komunikasi Marketing Public Relations memberikan penekanan pada berbagai kegiatan komunikasi yang dilakukan untuk membantu penjualan, kegiatan tersebut berfokus pada penggunaan media dan teknik komunikasi, dari penggunaan teknik periklanan, kampanye dalam konteks Public Relations, brand activation dan banyak lagi. Kegiatan tersebut dilakukan secara terpadu untuk menghasilkan efektifitas yang tinggi dari kegiatan komunikasi. Penelitian ini mengambil fokus pada upaya untuk menggali strategi dan bentuk kegiatan Marketing Public Relations yang dipergunakan oleh kawasan wisata dalam membangun citra dengan mangambil positioning tertentu sebagai strategi pemasaran. Kegiatan Marketing Public Relations memberik fokus pada penggunaan media Public Relations yang terintegrasi untuk membangun pencitraan yang lebih kuat. Media Public Relations sendiri meliputi penggunaan media seperti periklanan, personal selling, public relations, internet marketing, direct selling, e-commerce, serta media komunikasi lainnya yang mendukung kegiatan Marketing Public Relations. Kata Kuci : Marketing, Public Relations, Brand Awarness, Company Image

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Mr PASCA-Asep -
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:31
Last Modified: 06 Dec 2023 02:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67542

Actions (login required)

View Item View Item