PERJANJIAN PEMISAHAN HARTA YANG DILAKUKAN DALAM PERNIKAHAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERDATA DAN HUKUM ISLAM (SUATU PERBANDINGAN)

Ramadhan, Kevi (2023) PERJANJIAN PEMISAHAN HARTA YANG DILAKUKAN DALAM PERNIKAHAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERDATA DAN HUKUM ISLAM (SUATU PERBANDINGAN). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Buat Perpus Kevi.docx

Download (29kB)
[img]
Preview
Text
Tesis Revisi Kevi Ramadhan MKn.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Dalam perkawinan di Indonesia, terjadi persatuan harta perkawinan antara suami dan istri berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Perjanjian perkawinan dapat memisahkan harta bersama, tetapi pengaturan perjanjian berbeda antara KUHPerdata dan Kompilasi Hukum Islam (KHI). KHI memiliki ketentuan yang lebih khusus, seperti ta'lik talak, pencampuran harta pribadi, pemisahan harta pencaharian, dan ikatan hipotek. Pelanggaran perjanjian dapat berdampak pada pihak ketiga dalam KUHPerdata, sedangkan dalam KHI, konsekuensi berlaku setelah diumumkan pada surat kabar. Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perjanjian perkawinan di hukum perdata digunakan untuk mengatur harta, warisan, dan tanggung jawab finansial, sementara dalam hukum Islam, aturan hak dan kewajiban suami-istri juga diatur dalam pernikahan. Pemisahan harta di Indonesia, baik menggunakan KHI atau KUHPerdata, mengikuti aturan yang sudah ada. Perjanjian pranikah harus sah dan sesuai dengan hukum perkawinan dan harta pernikahan. Praktik pemisahan harta antara hukum perdata dan hukum Islam kurang selaras, menyebabkan ketidakjelasan dan keraguan. Kejelasan hukum penting untuk mengatur perjanjian pranikah dan pemisahan harta. KHI mengikuti prinsip-prinsip umum hukum perdata yang tidak bertentangan dengan Islam, menekankan pentingnya kepastian hukum dan keadilan. Kata kunci: Perjanjian Pemisahan Harta, Pernikahan, Hukum Perdata, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Kenotariatan 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 02 Dec 2023 01:57
Last Modified: 09 Jan 2024 07:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67533

Actions (login required)

View Item View Item