Susanti, Yuniar (2023) EKRANISASI TEKS EKSPLANASI MENJADI GENRE FILM MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP PRIBADI BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
YUNIAR SUSANTI_ARTIKEL JURNAL MBSI.docx Download (946kB) |
||
|
Text
Tesis Yuniar Susanti MPBSI.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
Peserta didik mengalami degradasi teknologi. Peserta didik menjadi kian ahli mengoperasikan gawai serta aplikasi yang dimiliki. Peserta didik pada generasi ini perlu diberikan stimulus pengubahan sebuah teks eksplanasi menjadi genre lain agar lebih menarik dan dapat lebih berpikir kreatif. Permasalahan ini terjadi pada peserta didik kelas VIII di SMP Pribadi Bandung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikanter dapat pengaruh kemampuan mengekranisasi terhadap berpikir kreatif melalui model Project Based Learning pada siswa kelas VIII SMP Pribadi Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen semu (quasi experimental research). Teknik pengumpulan data yaitu dengan mixed methode (kuantitatif dan kualitatif). Hasil penelitian Siswa kelas VIII SMP Pribadi Bandung dapat mengekranisasi teks eksplanasi menjadi genre film berdasarkan rubrik penilaian diperoleh hasil nilai tertinggi yaitu 96 dan nilai terendah 87 dengan nilai rata-rata 92. Perolehan nilai tersebut menunjukkan kemampuan siswa dalam mengekranisasi teks eksplanasi menjadi genre film sangat baik. Kemampuan siswa dalam memenuhi struktur dan kaidah kebahasaan dalam film yang diproduksi melalui model Project Based Learning di kelas VIII SMP Pribadi Bandung memeroleh nilai tertinggi pada hasil posttest 100 sedangkan nilai terendah 80 dengan nilai rata-rata 89,9. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam film yang diproduksinya melalui model Project Based Learning di kelas VIII SMP Pribadi Bandung sangat baik terbukti dari 39 siswa terdapat 36 siswa dikategorikan mampu berpikir kreatif sedangkan masih ada tiga siswa yang belum mampu berpikir kreatif. Terdapat pengaruh kemampuan mengekranisasi teks eksplanasi terhadap berpikir kreatif melalui model Project Based Learning pada peserta didik kelas VIII SMP Pribadi Bandung yang sangat kuat sesuai dengan hasil uji hipotesis. Kata Kunci: Ekranisasi, Teks Eksplanasi, genre film, berpikir kreatif, Project Based Learning
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023 |
Depositing User: | Mr SOER - |
Date Deposited: | 02 Dec 2023 01:51 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 04:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67532 |
Actions (login required)
View Item |