PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SDN SUKASARI INDAH

Windiastuti, Sri and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SDN SUKASARI INDAH. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas.

[img]
Preview
Text
PTK_Penerapan Model PBL berbantuan Media BigBook_sriwindiastuti.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik melalui peranan model Problem Based Learning berbantuan media Big Book. Rendahnya kemampuan membaca permulaan peserta didik salah satunya disebabkan proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, guru harus mampu menentukan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan Kelas (PTK) model Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart yang dilakukan sebanyak dua siklus, dimulai dengan pra siklus, siklus 1 ,dan siklus 2. Subjek penelitian yaitu 43 (empat puluh tiga ) peserta didik kelas IA SDN Sukasari Indah Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes tertulis dengan bentuk soal isian sebanyak 5 soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan persentase ketuntasan hasil belajar Pra siklus menunjukkan 28% peserta didik tuntas dan 72% tidak tuntas, siklus-I terdapat 60% tuntas dan 40% tidak tuntas, serta siklus-II terdapat 90% tuntas dan 10% tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca peserta didik kelas IA. Hasil penelitian ini menunjukkan secara umum model Problem Based Learning meningkatkan aktivitas belajar siswa. Siswa lebih aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan berbagai sintaknya. Selain itu, media Big Book memiliki karakteristik yang efektif untuk pelajaran membaca terutama di kelas awal serta meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar membaca. Keywords: Membaca Permulaan, Problem Based Learning, Bigbook.

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:41
Last Modified: 30 Nov 2023 02:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67526

Actions (login required)

View Item View Item