PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Sutini, Entin and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas.

[img]
Preview
Text
PTK_Entin.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran di kelas, didapatlah nilai peserta didik yang tidak mencapai nilai KKM. Sejumlah 10 orang peserta didik mencapai nilai KKM dan nilai 18 orang peserta didik lainnya masih di bawah KKM. Berdasarkan karakteristik peserta didik di kelas, maka diperlukan penerapan model pembelajaran inovatif seperti model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart. Penelitian ini dimulai dengan tahap pra siklus, lalu dilanjutkan dengan siklus 1 dan 2 dimana setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2x35 menit). Teknik analisis data dengan membandingkan data hasil belajar antar siklus menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Rancagede. Subjek penelitian ini adalah kelas 3 dengan jumlah peserta didik 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda sebanyak 10 soal. Pada kondisi ulangan harian hanya 10 peserta didik atau 35% peserta didik yang mencapai KKM, Setelah diberikan Tindakan Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan persentase ketuntasan hasil belajar yaitu pada siklus 1 atau 50% peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM. Pada siklus 2 terdapat 20 peserta didik atau 75% peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), media power point, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Nov 2023 10:11
Last Modified: 28 Nov 2023 10:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67518

Actions (login required)

View Item View Item