UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ

Yuliana, Yuliana and Sunata, Sunata (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas.

[img]
Preview
Text
PTK_Yuliana.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi volume balok kelas 5 dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Quizizz. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2x35 menit). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDK Trimulia Kecamatan Andir Kota Bandung yang berjumlah 14 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan soal evaluasi menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 5 soal berbantuan aplikasi Quizizz. Pada kondisi awal pra-penelitian (pra-siklus) persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKTP adalah 64% (9 siswa), dengan rata-rata nilai 68. Setelah diberikan tindakan pada siklus I persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKTP meningkat menjadi 71% (10 siswa), dengan rata-rata nilai 74. Pada siklus II persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKTP adalah 86% (12 siswa), dengan rata-rata nilai 81. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan aplikasi Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, aplikasi Quizizz

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Nov 2023 05:25
Last Modified: 28 Nov 2023 05:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67513

Actions (login required)

View Item View Item