PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Paridah, Ucu Nuraeni and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas.

[img]
Preview
Text
PTK_UCU NURAENI PARIDAH.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi tematik dengan muatan pelajaran Matetika dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Stephen Kemmis dan Robyn Mc Taggart. Penelitian ini dimulai dengan tahap pra siklus, lalu dilanjutkan dengan siklus 1 dan 2 dimana setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2x35 menit). Teknik analisis data dengan membandingkan data hasil belajar antar siklus menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 SD Negeri Malabenghar Kabupaten Bandung yang berjumlah 24 orang. Teknik pegumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda sebanyak 10 soal. Pada kondisi awal pra siklus menunjukkan hanya 8 peserta didik atau 33,33% peserta didik yang mencapai KKTP. Setelah diberikan tindakan, hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan persentase ketuntasan hasil belajar yaitu pada siklus 1 terdapat 17 peserta didik atau 70,83% peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKTP. Pada siklus 2 terdapat 21 peserta didik atau 87,50% peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL),media video pembelajaran, hasil belajar peserta didik.

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Nov 2023 05:22
Last Modified: 28 Nov 2023 05:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67512

Actions (login required)

View Item View Item