PENERAPAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI

Winarsih, Sri Sayekti and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas,.

[img]
Preview
Text
PTK_Sri Sayekti Winarsih PIC 1.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran tematik kelas 6 tema 4 sub tema 1 pembelajaran 1 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2 x 35 menit). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SDN 099 Babakan Tarogong, Kecamatan Bojongloa Kaler Kota bandung yang berjumlah 28 orang.Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan rubrik. Pada kondisi awal pra-siklus persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 29% (8 peserta didik), dengan rata-rata nilai 70,54. Setelah diberikan tindakan pada siklus I persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM meningkat menjadi 61% (17peserta didik), dengan rata-rata nilai 78,21. Pada siklus II persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 79% (22 peserta didik), dengan rata-rata nilai 80,4. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Problem Based Learning, Audio Visual, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Nov 2023 05:18
Last Modified: 28 Nov 2023 05:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67511

Actions (login required)

View Item View Item