Aspiniati, Vera and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD BERBANTUAN APLIKASI MENTIMETER. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas.
|
Text
PTK Vera 2023_.pdf Download (252kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks eksplanasi kelas 6 tema 4 sub tema 2 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi mentimenter. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus di mana setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2x35 menit). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDK TRIMULIA Kecamatan Andir Kota Bandung yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes tulis menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 10 soal dan uraian 5 soal. Pada kondisi awal pra-penelitian (pra-siklus) persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 40% (10 siswa), dengan ratarata nilai 63. Setelah diberikan tindakan pada siklus I persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKM meningkat menjadi 56% (14 siswa), dengan ratarata nilai 68. Pada siklus II persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 80% (20 siswa), dengan rata-rata nilai 76. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan aplikasi mentimeter dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Media Interaktif Mentimeter
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 04:42 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 04:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67509 |
Actions (login required)
View Item |