PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERRBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

Dariah, Eti and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERRBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas.

[img]
Preview
Text
PTK Eti Dariah.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengamatan proses pembelajaran pada kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) kelas VI di SDN Bojongkihiang pada pelajaran matematika dari 28 siswa hanya 11 siswa atau sekitar 39 % yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas 57. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Bojongkihiang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart yang dilaksanakan dimulai dari siklus I dan diakhiri pada siklus II. Model pembelajaran yang digunakan adalah model Problem Based Learning berbantuan media konkret. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil evaluasi secara tes tulis dengan bentuk soal essay sebanyak 5 soal yang dianalisis dengan menggunakan ragam persentase. Pada siklus I 11 dari 28 siswa atau 39% siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas 58,5. Pada siklus II 23 dari 28 siswa atau 82% siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas 84,5. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media konkret mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil belajar, Problem Based Learning, Media Konkret

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Nov 2023 04:35
Last Modified: 28 Nov 2023 04:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67507

Actions (login required)

View Item View Item