PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA UMKM BIDANG KULINER DI MASA PANDEMI (Studi Kasus Pada “Toko Oleh-Oleh Kabayan Rumah Susu Lembang” Kabupaten Bandung Barat)

Aulia Fernanda, 184010370 and Dr. Mulyaningrum, SE.,M.Hum, Pembimbing (2022) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA UMKM BIDANG KULINER DI MASA PANDEMI (Studi Kasus Pada “Toko Oleh-Oleh Kabayan Rumah Susu Lembang” Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI_Aulia Fernanda_184010370.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI_Aulia Fernanda_184010370.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI_Aulia Fernanda_184010370-19-39.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI_Aulia Fernanda_184010370.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SKRIPSI_Aulia Fernanda_184010370.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_Aulia Fernanda_184010370.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya data peningkatan peluang bisnis UMKM pada bidang kuliner dimasa pandemi namun terdapat jumlah pengunjung yang rendah pada toko “Oleh-Oleh Kabayan Rumah Susu Lembang” yang diasumsikan bahwa karyawan pada toko “Oleh-Oleh Kabayan Rumah Susu Lembang” belum memiliki kinerja kerja yang baik. Kinerja karyawan salah satunya dapat dipengaruhi oleh kecerdasan karyawan itu sendiri. Pengaruh kecerdasan terhadap kinerja itu penting, namun kecerdasan seringkali dipahami hanya sebagai kemampuan seseorang dalam berfikir dengan anggapan bahwa orang yang cerdas dalam intelektual akan sukses dalam bekerja. Tetapi, kinerja karyawan tidak hanya ditentukan melalui kecerdasan intelektual saja, melainkan adanya dukungan dari kecerdasan lain, yaitu emosional dan spiritual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan jumlah sampel sebanyak 42 orang. Pengujian instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur single path model, korelasi berganda, koefisien determinasi dan metode analisis menggunakan alat bantu SPSS 2.6 (Statistical Product And Service Solution). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan. Besarnya pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan secara simultan sebesar 67,2% dan sisanya 32,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti. Secara parsial besarnya pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan sebesar 54% dan pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan sebesar 13,2%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional memberikan pengaruh paling besar terhadap kinerja karyawan. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kinerja Karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen 2018
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 22 Nov 2023 00:57
Last Modified: 27 Nov 2023 04:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67434

Actions (login required)

View Item View Item