MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN INVESTIGASI KELOMPOK DILIHAT DARI PERSPEKTIF GENDER

Kusnawati, Emah (2023) MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN INVESTIGASI KELOMPOK DILIHAT DARI PERSPEKTIF GENDER. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Artikel Emah untuk PJME.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis Emah Kusnawati MPM (1).pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran investigasi dilihat dari perspektif gender. Subjek dalam penelitian ini adalah 59 siswa perempuan SMK Pasundan 1 Banjaran dan 46 siswa laki-laki SMK Pasundan 2 Banjaran. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method Research jenis sequential exploratory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan minat belajar antara siswa perempuan dan laki-laki yang memperoleh model pembelajaran investigasi kelompok, dimana dalam penelitian ini minat belajar siswa perempuan cenderung lebih baik daripada siswa laki-laki, (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran investigasi, dimana siswa perempuan lebih baik kemampuan pemecahan masalah matematikanya dibandingkan dengan siswa laki-laki, ini dapat terlihat dari nilai rata-rata postes yang diperoleh siswa perempuan lebih besar daripada siswa laki-laki, (3) terdapat hubungan antara minat belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis baik itu pada kelompok siswa perempuan maupun pada kelompok siswa laki-laki walaupun tingkat keeratannya ada pada kategori sedang, (4) untuk kelompok siswa perempuan menyatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecaham masalah matematis antara siswa perempuan yang memperoleh pembelajaran investigasi kelompok dan konvensional, namun untuk kelompok siswa laki-laki menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecaham masalah matematis antara siswa laki-laki yang memperoleh pembelajaran investigasi kelompok dan konvensional. Kata kunci: minat belajar, pemecahan masalah, investigasi kelompok, gender

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:33
Last Modified: 09 Jan 2024 02:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67424

Actions (login required)

View Item View Item