Juminar, Jujum (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
Jujum Juminar_mpm.docx Download (76kB) |
||
|
Text
Tesis Jujum Juminar MPM.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pendekatan pembelajaran Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi belajar siswa serta hubungan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi belajar siswa. Pola asuh orangtua yang dikaji adalah pola asuh permisif dan demokratis. Metode penelitiaan ini adalah Mixed Method tipe Embedded Design dengan desain penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Instrumen yang digunakan berupa non-tes berupa angket, lembar observasi, dan wawancara serta Tes berupa pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan control. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK ICB Cinta Wisata Bandung. Sampel penelitiannya adalah 2 kelas, yaitu siswa kelas X JB 1 dan kelas X JB 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Mann-Whitney U dan Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kreatif matematis dan Motivasi Belajar Siswa dengan pendekatan pembelajaran Open- Ended lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional 2) Terdapat hubungan/korelasi yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dengan motivasi belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Open-Ended 3) Terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan pola asuh orang tua dengan pendekatan pembelajaran Open-Ended. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; Motivasi Belajar Siswa; Pendekatan Pembelajaran Open-Ended, Pola Asuh Orang tua
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023 |
Depositing User: | Mr SOER - |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 07:41 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 02:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67422 |
Actions (login required)
View Item |