PELATIHAN BAHAN AJAR DAN INSTRUMEN NUMERASI BAGI GURU SD PLUS AL- GHIFARI BANDUNG

Mutiara Sari, Nenden and Yaniawati, Poppy and Firmansyah, Eka and Siti Aisyah, Euis (2023) PELATIHAN BAHAN AJAR DAN INSTRUMEN NUMERASI BAGI GURU SD PLUS AL- GHIFARI BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Artikel Mulyasari Yuningsih_MPM.pdf

Download (861kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui kemampuan literasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran diferensiasi lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (2) Menganalisis kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar siswa yang memperoleh pembelajaran diferensiasi; (3) Mengetahui motivasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran diferensiasi lebih baik dari pada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (4) Menganalisis motivasi belajar siswa ditinjau dari gaya belajar yang memperoleh pembelajaran diferensiasi; (5) Menganalisis efektivitas pembelajaran diferensiasi terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis siswa; (6) Mengetahui terdapat korelasi antara kemampuan literasi matematis siswa dengan motivasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran diferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan strategi pembelajaran diferensiasi ditinjau dari gaya belajar dengan model pembelajaran Based Learning yang menggunakan metode quasi eksperimen yaitu gabungan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif pada materi Persamaan Linear Dua variabel (SPLDV) dengan populasi siswa SMPN 1 Cikalongkulon dan sampel kelas VIII K sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII J sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukkan; (1) Kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran diferensiasi lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran diferensiasi ditinjau dari gaya belajar; (3) Motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran diferensiasi tidak lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (4) Tidak Terdapat perbedaan motivasi bealajar siswa yang memperoleh model pembelajaran diferensiaisi ditinjau dari gaya belajar; (5) Pembelajaran diferensiasi memberikan efek besar terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis siswa; (6) Terdapat korelasi antara kemampuan literasi matematis dengan motivasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran diferensiasi dengan arah hubungan kedua variabel positif (searah) yang artinya jika kemampuan Literasi Matematis siswa meningkat maka motivasi belajarnya pun ikut meningkat, dan sebaliknya. dan hubungan kausalitas termasuk kategori sedang. Kata Kunci : pembelajaran diferensiasi, literasi matematis, motivasi, gaya belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: Mr PASCA-Asep -
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:40
Last Modified: 16 Nov 2023 08:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67420

Actions (login required)

View Item View Item