IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA DAN KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Jamaludin, Mochamad and Yaniawati, Poppy and Kartasasmita, Bana G. (2023) IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA DAN KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
JAMALUDIN_BLENDED LEARNING DALAM LITERASI MATEMATIKA_Jurnal PJME.pdf

Download (707kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1). Menganalisis gaya belajar peserta didik yang memperoleh pembelajaran blended learning dengan model konvensional. 2). Menganalisis efektivitas pembelajaran Matematika dengan metode blended learning untuk meningkatkan literasi matematika peserta ditinjau dari gaya belajar (visual, auditorial dan kinestetik). 3). Menganalisis kesiapan belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika yang memperoleh pembelajaran model blended learning dan model konvensional ditinjau dari gaya belajar (visual, auditorial dan kinestetik). 4). Menganalisis korelasi antara literasi belajar matematika dengan kesiapan belajar peserta didik yang memperoleh pembelajaran blended learning dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian mixe method (campuran) tipe embedded design dan desainnya menggunakan quasi exsperiment. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ciwaringin dengan subjek penelitian kelas X G dan X H. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tipe uraian kemampuan literasi matematika, angket kesiapan belajar dan angket gaya belajar dengan menggunakan model skala likert. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1). Pembelajaran yang menggunakan model blended learning lebih baik dari pada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari gaya belajar; 2). Pembelajaran matematika yang menggunakan dengan model blended learning memiliki pengaruh yang tinggi dalam meningkatkan literasi matematika peserta didik pada materi Perbandingan Trigonometri; 3). Pembelajaran matematika yang menggunakan dengan model blended learning memiliki pengaruh yang tinggi dalam meningkatkan kesiapan belajar peserta didik pada materi Perbandingan Trigonometri; 4) Terdapat korelasi antara literasi matematika dengan kesiapan peserta didik yang menggunakan pembelajaran model blended learning. Kata Kunci: Blended learning, Literasi Matematika, Kesiapan Belajar, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: Mr PASCA-Asep -
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:07
Last Modified: 16 Nov 2023 02:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67417

Actions (login required)

View Item View Item