Pengaruh Arus Pengelasan Terhadap Sifat Mekanik Hasil Sambungan Las Shield Metal Arc Welding Dengan Posisi Pengelasan 3G Effect Of Welding Current On Mechanical Properties Of Shield Metal Arc Welding Joints With 3G Welding Position

Isanudin, Fahmi and Lazuardi, Dedi and Syahbardia, S (2023) Pengaruh Arus Pengelasan Terhadap Sifat Mekanik Hasil Sambungan Las Shield Metal Arc Welding Dengan Posisi Pengelasan 3G Effect Of Welding Current On Mechanical Properties Of Shield Metal Arc Welding Joints With 3G Welding Position. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Fahmi Isanudin_173030010_Teknik Mesin.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Pengelasan Shield Metal Arc Welding (SMAW) yaitu proses pengelasan cair yang sering digunakan di industri, konstruksi dan lain-lain. Pengelasan ini juga dapat dilakukan pada spesimen plat atau pipa. Biasanya, juru las menentukan besarnya arus pengelasan dengan melihat petunjuk pada kemasan, yang biasanya berupa harga minimal dan maksimal, serta merupakan fungsi dari diameter elektroda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan besar arus pengelasan yang memberikan kualitas hasil pengelasan yang optimum untuk baja St41 yang dilas dengan proses las busur elektroda terbungkus (SMAW) dengan posisi pengelasan 3G. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibuat spesimen dari material St41 dengan tebal 8 mm dengan kampuh 70°, yang kemudian dilas dengan las busur elektroda terbungkus (SMAW) dengan posisi pengelasan 3G (Posisi Vertikal) terhadap baja karbon rendah menggunakan elektroda E7016 diameter 3,2 mm variasi arus pengelasan 80 A, 90 A dan 100 A. Kemudian dilakukan pengujian sifat material di antaranya pengujian uji tarik, uji kekerasan dan pengamatan metalografi. Hasil pengujian uji tarik menunjukkan bahwa hasil pengelasan baik ditunjukkan dengan patahan terjadi pada Base Metal. Hasil kekerasan dengan metode Vickers diperoleh adanya perbedaan kekerasan pada Base Metal, Heat Affected Zone (HAZ) dan Weld Metal. Arus pengelasan berpengaruh terhadap nilai kekerasan hasil sambungan las dan nilai kekerasan tertinggi terjadi pada sambungan las pengelasan 90 ampere dengan rata-rata nilai kekerasan 167,9 HV. Dari hasil penelitian pengaruh arus pengelasan terhadap sifat mekanik hasil las Shield Metal Arc Welding (SMAW) menggunakan elektroda E7016 diameter 3,2 mm dengan posisi pengelasan 3G untuk material St41, dapat disimpulkan bahwa arus pengelasan yang memberikan sifat mekanik paling tinggi pada logam las adalah 90 A. Kata kunci: Arus Pengelasan, Las SMAW, Pengujian Sifat Material, Las 3G.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2023
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:52
Last Modified: 07 Nov 2023 03:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67397

Actions (login required)

View Item View Item