Rancang Bangun Alat Bantu Proses Pembuatan Kampuh Las Design and Development of a Tool for Welding Groove Manufacturing Process

Al – Mansur, Muhammad Abdul Aziz and Somantri, Herman and Sonawan, Hery (2023) Rancang Bangun Alat Bantu Proses Pembuatan Kampuh Las Design and Development of a Tool for Welding Groove Manufacturing Process. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhammad Abdul Aziz Al-Mansur_173030112_Teknik Mesin.pdf

Download (886kB) | Preview

Abstract

Rancang bangun ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam proses pembuatan kampuh las untuk spesimen pengelasan, biasanya seorang welder menggunakan mesin gerinda tangan tanpa alat bantu ketika membuat kampuh sehingga sudut kampuh yang dihasilkan tidak sesuai spesifikasi dan memerlukan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah alat bantu untuk membantu proses pembuatan kampuh las, alat bantu tersebut harus mampu membuat sudut kampuh las sesuai dengan spesifikasi serta tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Metode yang digunakan dalam skripsi ini dimulai dengan melakukan survey lapangan untuk mencari permasalahan yang ada di lapangan, selanjutnya melakukan kajian perbandingan alat pemotong berdasarkan literatur terkait permasalahan tersebut, pembuatan konsep rancang bangun, perhitungan dan analisa, mesin yang digunakan sebagai alat penggerindaan adalah mesin gerinda tangan dan batu gerinda A30P BF. Dari hasil perancangan dan pembuatan alat bantu pembuatan kampuh las ini, telah berhasil dirancang dan dibuat alat bantu proses pembuatan kampuh las dengan bobot 35 kg, dan dimensi utama alat 610 x 505 x 610 mm. Hasil pengujian fungsional menunjukkan bahwa waktu proses pembuatan kampuh las menjadi relatif lebih singkat jika menggunakan alat bantu yaitu membutuhkan waktu 25,38 menit dibandingkan dengan proses pembuatan kampuh las secara manual tanpa alat bantu yaitu membutuhkan waktu 36,25 menit. Kata kunci: Alat Bantu, Kampuh las, Mesin Gerinda, Rancang Bangun.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2023
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:47
Last Modified: 07 Nov 2023 03:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67396

Actions (login required)

View Item View Item