Pengembangan Program Pencatatan Data Referensi di Industri Inti Cetakan Pasir PT Furukawa Indonesia Karawang Jawa Barat Development of Reference Data Recording Program in Sand Mold Core Industry PT Furukawa Indonesia Karawang Jawa Barat

Masborga, Adewa sae and Hartono, Rachmad and Febriansyah, Muhammad Zalfahmi (2023) Pengembangan Program Pencatatan Data Referensi di Industri Inti Cetakan Pasir PT Furukawa Indonesia Karawang Jawa Barat Development of Reference Data Recording Program in Sand Mold Core Industry PT Furukawa Indonesia Karawang Jawa Barat. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Adewa Sae Masborga_173030025_Teknik Mesin_Skripsi.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

PT Furukawa Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri produksi Shell Core untuk industri pengecoran komponen parts automotive di mana data perencanaan produksi hanya disimpan pada sebuah buku besar atau dokumen terpisah, belum terorganisir. Hal tersebut mengakibatkan terhambatnya kegiatan monitoring pada perusahaan. Dalam skripsi ini dikembangkan sistem pencatatan data referensi dan monitoring operasi untuk membantu agar pelaksanaan operasi produksi sesuai dengan perencanaan. Sistem ini dibuat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi supaya dapat diakses oleh pihak manajemen dimanapun dan kapanpun. Dari proses bisnis kemudian dirancang struktur data seperti data pelanggan, pesanan, jenis produk, jenis mesin, mesin, shift, overtime dan data yang dibutuhkan untuk mengembangkan sistem ini. Struktur data akan menyimpan dan mengatur data secara efisien dan terorganisir. Dari skripsi ini telah dihasilkan sebuah aplikasi sistem pencatatan data referensi dan monitoring operasi di industri inti cetakan pasir PT Furukawa Karawang. Aplikasi ini berbasis web agar dapat diakses menggunkan perangkat mobile sehingga dapat digunakan oleh manajemen dimanapun dan kapanpun berada. Sehingga manajemen dapat mengetahui proses produksi secara realtime. Kata kunci: Pencatatan data referensi data monitoring operasi, industri cetakan pasir, aplikasi berbasis web.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2023
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:42
Last Modified: 07 Nov 2023 03:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67395

Actions (login required)

View Item View Item