ANALISIS STANDAR KOMPETENSI TENAGA KESEHATAN DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA RSUD KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2023

Fransiska, Vicky (2023) ANALISIS STANDAR KOMPETENSI TENAGA KESEHATAN DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA RSUD KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2023. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Journal Vicky Fransiska.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis Vicky Fransiska MM.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kompetensi tenaga kesehatan adalah kemampuan yang dimiliki seorang tenaga kesehatan yang berdasarkan ilmu, kemampuan, pengetahuan dan sikap profesional dapat menjalankan praktik. Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui tingkat kompetensi dan faktor yang mempengaruhi kompetensi tenaga kesehatan dalam upaya menentukan strategi peningkatan kompetensi tenaga kesehatan di RSUD Indramayu. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara secara mendalam, observasi dan kuisioner. Data sekunder diperoleh melalui dokumen, data-data, jurnal, studi pustaka terkait. Teknis analisa dalam penelitian ini menggunakan Anlisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian mengenai tingkat kompetensi diperoleh hasil rata-rata tingkat kompetensi dokter umum di RSUD Indramayu berada di tingkat kompeten, rata-rata tingkat kompetensi perawat di RSUD Indramayu berada di tingkat handal/proficient, rata-rata tingkat kompetensi Bidan di RSUD Indramayu berada di tingkat kompeten, dan rata-rata tingkat kompetensi Apoteker di RSUD Indramayu ebrada di tingkat kompeten. Faktorfaktor yang mempengaruhi tingkat kompetensi tenaga kesehatan di RSUD Indramayu adalah lama masa kerja dan jumlah pelatihan. Berdasarkan matriks SWOT 4 kuadran didapatkan bahwa posisi RSUD Kabupaten Indramayu berada di kuadran 1 artinya mendukung strategi agresif. Alternatif strategi prioritas yang didapatkan berdasarkan matriks hasil QSPM adalah perencanaan program pelatihan seperti melakukan Analisis Kebutuhan Pelatihan (AKP). Kata Kunci: Standar Kompetensi, Tenaga Kesehatan, Analisis SWOT.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:41
Last Modified: 09 Jan 2024 07:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67379

Actions (login required)

View Item View Item