PRINSIP KEPENTINGAN TERBAIK BAGI ANAK DALAM PENEMPATAN PENAHANAN TERHADAP ANAK BERKONFLIK DENGAN HUKUM BERDASARKAN UU NO.11 TAHUN 2012 (Studi Kualitatif di Tempat Penempatan Penahanan Anak Wilayah Kabupaten Sukabumi)

Saeful Millah, Isep (2023) PRINSIP KEPENTINGAN TERBAIK BAGI ANAK DALAM PENEMPATAN PENAHANAN TERHADAP ANAK BERKONFLIK DENGAN HUKUM BERDASARKAN UU NO.11 TAHUN 2012 (Studi Kualitatif di Tempat Penempatan Penahanan Anak Wilayah Kabupaten Sukabumi). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_FINAL.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis Isep Saeful Millah MIH.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Negara Indonesia terikat untuk menjadikan kepentingan terbaik anak sebagai pertimbangan utama dalam setiap pengambilan kebijakan, termasuk kebijakan yang terkait dengan Anak yang Berkonflik dengan Hukum khususnya dalam hal penempatan penahanan. Dengan latar belakang masalah bagaimana Prinsip Kepentingan Terbaik Bagi Anak dalam Penempatan Penahanan Terhadap Anak yang Berkonflik Dengan Hukum berdasarkan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak di Indonesia? dan bagaimana Upaya Mewujudkan Prinsip Kepentingan Terbaik Bagi Anak dalam Penempatan Penahanan Anak yang Berkonflik dengan Hukum? Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif empiris dengan melibatkan analisis peraturan hukum, doktrin hukum, dan teori hukum yang relevan untuk masalah yang sedang diteliti kemudian melakukan tahapan wawancara, survei, analisis data, observasi, atau studi kasus pada sebuah lembaga atau instansi. Dalam Undang Undang Sistem Peradilan Pidana Anak Nomor 11 Tahun 2012 menyatakan bahwa Pemerintahan di bidang hukum wajib membangun LPKA dan LPAS di Provinsi, namun kini hal tersebut dinilai sudah tidak revelan lagi dengan kondisi saat ini, berdasarkan data menunjukan bahwa angka tindak pidana yang di lakukan oleh anak terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga perlu adanya revisi atas pasal yang mengatur bahwa LPAS dan LPKA wajib di bangun per provinsi melainkan harus dibangun pada setiap wilayah kota/kabupaten, terutama bagi wilayah dengan tingkat tindak pidana yang dilakukan oleh anaknya tinggi. Kata Kunci: Kepentingan Terbaik Anak, Peradilan Pidana Anak

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Hukum 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 02 Nov 2023 11:34
Last Modified: 09 Jan 2024 08:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67374

Actions (login required)

View Item View Item