PERAN MODERNISASI TERHADAP MORAL YANG ADA DI RUANG LINGKUP PONDOK PESANTREN DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL (Studi Kasus di Pondok Pesantren At-tawazun Jl.Sirnaraga Dsn. Mekarsari Ds. Kalijati timur Rt.03/01 Kec. Kaljati Kab. Subang)

PEBRIANSYAH RIFQI HUSNI, 175010042 (2023) PERAN MODERNISASI TERHADAP MORAL YANG ADA DI RUANG LINGKUP PONDOK PESANTREN DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL (Studi Kasus di Pondok Pesantren At-tawazun Jl.Sirnaraga Dsn. Mekarsari Ds. Kalijati timur Rt.03/01 Kec. Kaljati Kab. Subang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (179kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Moral adalah nilai nilai tentang baik maupun buruk tingkah laku atau perbuatan manusia, moral sangatlah penting untuk dilakukan dalam lingkungan masyarakat, untuk mengukur dan menilai baik buruknya perbuatan manusia. Masyarakat sangat menjungjung tinggi nilai-nilai norma dan aturan-aturan yang berlaku, nilainilai tersebut yang akan dimiliki oleh masyarakat yang baik serta saling menghormati dan menghargai kepada masyarakat lainnya, disamping itu masyarakat yang baik mampu bersosialisasi di dalam lingkungan masyarakat, cara tersebut adalah cara yang tepat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara maka dari itu setiap manusia harus mempunyai moral yang baik. Moral dan perilaku baik muncul dari manusia yang biasanya timbul akibat dari berbagai macam faktor dari luar maupun dalam. Dari faktor luar biasanya terbentuk dari lingkungan keluarga, masyarakat dan pendidikan sekolah, kalau dari faktor dalam biasanya terbentuk dari lingkungan pergaulan nya. Di dalam pendidikan sekolah formal ada sekolah-sekolah yang membentuk perilaku moral manusia, salah satunya ada pondok pesantren. Saat ini pondok pesantren satu demi satu mulai bermunculan diberbagai tempat maupun disetiap penjuru di wilayah indonesia. Pondok pesantren adalah wadah pendidikan dan pondok pesantren juga menjadi solusi serta disukai para orang tua karena pembelajarannya menunut kita untuk berprilaku baik setiap saatnya. Kolerasi moderenisasi terhadap Pendidikan multicultural mempunyai kesinambungan dalam beradaptasi untuk menyikapi keadaan kebergaman dan kebudayaan yang ada di ruang lingkupnya. Dengan adanya Pendidikan multicultural yang di aplikasikan terhadap pengaruhnya moderenisasi itu untuk mengorganisir kebragaman dan kebudayaan karena adanya definisi yang ada di atas itu untuk gambaran dan mencari tolak ukur bagaimana cara mengelola sistem Pendidikan apa lagi dalam Pendidikan pondok pesantren yang di dalamnya banyak doktrin lama yang harus di pahami di masa moderenisasi ini. Salah satu lembaga pendidikan Islam yang merupakan subkultur masyarakat Indonesia adalah pesantren. Pesantren adalah salah satu institusi yang unik dengan ciri-ciri khas yang sangat kuat dan lekat. Keyword : Moderinisasi, Pesantren, Moral, Multikultural

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:51
Last Modified: 18 Oct 2023 08:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67260

Actions (login required)

View Item View Item