PENINGKATAN LITERASI MATEMATIKA BERBASIS BLENDED LEARNING MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Okta Jumari, Eko (2023) PENINGKATAN LITERASI MATEMATIKA BERBASIS BLENDED LEARNING MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
jurnal Mico Juli Fikra 208040101.docx

Download (44kB)
[img]
Preview
Text
Tesis Revisi Eko Okta Jumari MPM.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Literasi matematika merupakan salah satu bagian dari tujuan pembelajaran matematika di sekolah kurikulum merdeka. Untuk itu kemampuan tersebut perlu ditingkatkan. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik. Hal ini sejalan dengan program pemerintah melalui pengembangan merdeka sebagaimana Nomor 56 Tahun 2022 tentang penerapan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui peningkatan literasi matematika peserta didik; (2) mengetahui peningkatan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar (audio, visual dan kinestetik); (3) mengetahui interaksi antara pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Penelitian dilakukan di SMK SMIP YPPT Bandung. Subjek penelitian adalah siswa kelas X, dengan sampel penelitian sebanyak dua kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian. Pengolahan data menggunakan uji statistik ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan yang signifikan literasi matematika antara kelas blended learning dan kelas konvensional; (2) tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematika antara blended learning dan kelas konvensional; (3) terdapat perbedaan peningkatan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar (audio, visual dan kinestetik); (4) terdapat interaksi antara pembelajaran dan gaya belajar (audio, visual dan kinestetik) terhadap literasi matematika peserta didik. Kata Kunci: Gaya Belajar, Literasi Matematika, PISA.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:00
Last Modified: 09 Jan 2024 02:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67252

Actions (login required)

View Item View Item