PENGARUH MEDIA FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN LEBAKWANGI 01 KABUPATEN BANDUNG

Harningsih. Dinda Mj, 195060147 (2023) PENGARUH MEDIA FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN LEBAKWANGI 01 KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan output dari proses belajar mengajar salah satu masalah yang ada di kelas V SDN Lebakwangi 01 adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah proses kegiatan belajar mengajar guru hanya sebatas menjelaskan dengan menggunakan papan tulis tanpa menggunakan media lain, sedingga pembelajaran cenderung membosankan hal ini membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk menggunakan media flipbook terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media fipbook terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen, desain Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dua kelompok, yaitu kelas VA sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebanyak 25 siswa sebagai kelas Eksperimen. Perlakuan yang ditetapkan pada kelompok eksperimen dengan menggunakan media flipbook. Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari nilai ratarata pretest pada kelas kontrol sebesar 1,52 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 4,2 lalu pada nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 4,08 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 9,32. Pada hasil uji paired sample t test terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan nilai signifikan (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, pada hasil uji effect size terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan nilai signifikan 6,39 > 0,80. Kata Kunci: Media flipbook dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Oct 2023 06:19
Last Modified: 17 Oct 2023 06:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67246

Actions (login required)

View Item View Item