DAMPAK TRANSFORMASI KEBIJAKAN UNILATERALISME AMERIKA SERIKAT TERHADAP PERJANJIAN NUKLIR AS-IRAN PADA MASA PEMERINTAHAN DONALD TRUMP

Hakim, Muhammad Ihsan Azizul (2023) DAMPAK TRANSFORMASI KEBIJAKAN UNILATERALISME AMERIKA SERIKAT TERHADAP PERJANJIAN NUKLIR AS-IRAN PADA MASA PEMERINTAHAN DONALD TRUMP. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Perjanjian Nukrir Iran atau yang biasa disebut sebagai Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) merupakan perjanjian nuklir yang disepakati oleh negara-negara P5+1 dan Iran yang bertujuan untuk mengawasi dan menghentikan pengembangan nuklir di Iran. Amerika Serikat telah tergabung kedalam perjanjian tersebut sejak 2015 pada masa pemerintahan Obama. Namun, saat terjadi pergantian pemimpin Amerika Serikat yang secara langsung merubah pula arah kebijakan luar negerinya, Amerika Serikat yang pada saat itu dipimpin oleh Donald J. Trump memutuskan untuk melakukan penarikan diri secara sepihak pada perjanjian JCPOA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengimplementasian sikap unilateralisme Amerika Serikat dalam perjanjian JCPOA terhadap hubungan AS-Iran pada masa pemerintahan Trump. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori kepentingan nasional, unilateralisme, dan perjanjian internasional. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data sekunder yaitu studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sikap Unilateralisme Amerika Serikat ini tentunya dilatarbelakangi oleh kepentingan nasional yang ingin dicapai oleh Amerika Serikat. Amerika Serikat memiliki kepentingan di Timur Tengah dalam mencapai dominasinya di kawasan tersebut. Amerika Serikat menganggap JCPOA sebagai penghalang bagi negaranya untuk dapat menguasai minyak di Timur Tengah. Mundurnya Amerika Serikat dari JCPOA pun berdampak pada diberlakukannya kembali sanksi ekonomi oleh Amerika Serikat terhadap Iran. Selain sanksi ekonomi, Amerika Serikat pun memutuskan hubungan dan kerja samanya dengan Iran. Hal ini berdampak besar terhadap perekonomian Iran akibat besarnya pengaruh ekonomi Amerika Serikat di sistem Internasional. Selain sanksi ekonomi, beberapa konflik yang terjadi antara AS-Iran dan perlawanan Iran terhadap Amerika Serikat semakin memperburuk hubungan kedua negara tersebut pasca keluarnya Amerika Serikat dari JCPOA. Kata Kunci: Unilateralisme, JCPOA, Amerika Serikat, Iran, Donald Trump.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:28
Last Modified: 13 Oct 2023 02:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67226

Actions (login required)

View Item View Item