PENGARUH APLIKASI ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di SD Yakeswa kota Bandung)

Oktaviani,Detin, 195060028 (2023) PENGARUH APLIKASI ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di SD Yakeswa kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (959kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena terbatasnya media pembelajaran yang digunakan guru dalam melakukan proses pembelajaran, serta kurangnya kompetensi yang dimiliki guru sehingga tidak dapat memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran Articulate Storyline pada mata pelajaran matematika untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental tipe non-equivalent control group desain. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV SD Yakeswa sebanyak 55 siswa. Sampel yang terdiri dari penelitian ini ialah dua kelompok, yaitu kelas IV A sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, test, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh media pembelajaran Articulate Storyline dapat dikatakan berpengaruh dengan hasil dari kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 1,88 dengan kategori sangat besar. Adapun peningkatan pada hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen didapatkan skor sebesar 89,75, sedangkan pada hasil posttest kelas kontrol yang didapatkan dengan hasil rata-rata 61,75. Dari pengujian yang sudah dilakukan ini terdapat pengaruh media pembelajaran Articulate Storyline terhadap hasil belajar siswa dan layak untuk digunakan di dalam kelas dalam membantu penyampaian materi pembelajaran dan membantu siswa dalam menumbuhkan hasil belajarnya. Kata Kunci: media pembelajaran, Articulate Storyline, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:32
Last Modified: 11 Oct 2023 04:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67193

Actions (login required)

View Item View Item