STRATEGI PENCEGAHAN, PEMBERANTASAN, PENYALAHGUNAAN, DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA (P4GN) DI KALANGAN REMAJA OLEH BNN KABUPATEN BANDUNG BARAT (STUDI KASUS PADA SMAN 1 LEMBANG)

Hutapea, Irmawati (2023) STRATEGI PENCEGAHAN, PEMBERANTASAN, PENYALAHGUNAAN, DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA (P4GN) DI KALANGAN REMAJA OLEH BNN KABUPATEN BANDUNG BARAT (STUDI KASUS PADA SMAN 1 LEMBANG). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI-IRMAWATI HUTAPEA-192010136.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI-IRMAWATI HUTAPEA-192010136.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI-IRMAWATI HUTAPEA-192010136.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI-IRMAWATI HUTAPEA-192010136.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 SKRIPSI-IRMAWATI HUTAPEA-192010136.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA SKRIPSI-IRMAWATI HUTAPEA-192010136.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR SKRIPSI-IRMAWATI HUTAPEA-192010136.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI-IRMAWATI HUTAPEA-192010136.pdf

Download (696kB) | Preview

Abstract

Permasalahan mengenai penyalahgunaan narkoba di wilayah Kabupaten Bandung Barat merupakan permasalahan yang tidak pernah berkesudahan. Pada tahun 2022, penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Bandung Barat mengalami peningkatan dan mendapat 32 kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar. Ditahun ini 2023, pada 13 Maret 2023 terdapat kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja atau pelajar mulai terjadi lagi di SMAN 1 Lembang yakni 8 siswa aktif yang mengonsumsi narkotika jenis tembakau sintetis dan membeli narkoba di sosial media. Remaja atau pelajar di Kabupaten Bandung Barat masih rentan terhadap penyalahgunaan narkoba, tentu hal ini sangat memprihatinkan dan mengkhawatirkan para generasi muda yang mudah dikelabui oleh barang haram. Oleh karena itu, dalam rangka mengurangi angka penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja atau pelajar BNN Kabupaten Bandung Barat pun turut berupaya melakukan pencegahan melalui program P4GN dengan berbagai kegiatan, salah satunya melalui program IBM (Intervensi Berbasis Masyarakat), program ketahanan keluarga, program ketahanan diri dengan pendekatan soft skill, dan program teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mencoba memberikan pemaparan mengenai strategi P4GN di kalangan remaja atau pelajar di Kabupaten Bandung Barat. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, peneliti akan melihat secara lebih mendalam terkait pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja di Kabupaten Bandung Barat dengan menggunakan teori “The Pillar Drug Strategy, Mark Tyndall” dari tahap Prevention, Treatment, Harm Reduction. Adapun data yang akan digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi P4GN di kalangan remaja atau pelajar di Kabupaten Bandung Barat dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja atau pelajar masih belum berjalan dengan optimal dan strategi yang tepat untuk diterapkan adalah program IBM, penguatan program ketahanan keluarga, program teman antar sebaya, penguatan soft skill, peningkatan kemampuan layanan rehabilitasi medis dan sosial, melakukan pengurangan dampak buruk sebagai upaya untuk mengurangi dampak penggunaan narkoba. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu bahwa strategi P4GN di kalangan remaja oleh BNN Kabupaten Bandung Barat belum berjalan dengan semestinya di karenakan masih terjadinya penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja atau pelajar di kabupaten Bandung Barat dan dapat dibuktikan dengan penyalahgunaan narkoba yang terjadi kepada siswa SMAN 1 Lembang yang mengonsumsi narkotika jenis tembakau sintetis dan mendapat narkoba itu lewat sosial media yang menjadikan social media wadah dan sarana yang memudahkan remaja menjangkau narkoba. Kata Kunci : Narkoba, Penyalahgunaan Narkoba, Strategi P4GN, Remaja, Studi Kasus.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:00
Last Modified: 11 Oct 2023 02:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67190

Actions (login required)

View Item View Item