AHLIN ZAINE, 185050024 (2023) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.COVER.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
2.PENGESAHAN.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (639kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (802kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (472kB) | Preview |
Abstract
Zaine Ahlin (2023). Salah satu mata pelajaran di sekolah yang sangat penting yang memiliki andil dalam mengembangkan lebih lanjut kemampuan komunikasi khususnya dalam bidang matematika dan self-efficacy siswa adalah matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan guna meningkatan kemampuan berkomunikasi dalam konteks matematika serta selfefficacy siswa adalah Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini yaitu : (1) untuk mengidentifikasi perkembangan dalam keterampilan komunikasi matematika siswa SMP yang menerapkan Model Problem Based Learning dengan menggunakan video sebagai alat bantu, (2) untuk mengidentifikasi perkembangan self-efficacy siswa SMP yang menerapkan Model Problem Based Learning dengan menggunakan video sebagai alat bantu, (3) untuk mengidentifikasi hubungan antara keterampilan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa SMP yang menerapkan model Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen yang merupakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII D SMP Plus Sekolah Al-Ihsan. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, didapat kesimpulan : (1) kemampuan komunikasi matematis bagi peserta didik yang mendapatkan model Problem Based Learning lebih unggul dari peserta didik yang mendapatkan pembelajaran ekspositori, (2) self-efficacy peserta didik yang mendapatkan model Problem Based Learning lebih unggul dibandingkan dengan peserta didik yang mendapatkan pembelajaran ekspositori, (3) adanya korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan self-efficacy pada peserta didik yang mendapatkan Model Problem Based Learning. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-efficacy, Model Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 08:48 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 08:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67171 |
Actions (login required)
View Item |