PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA YANG MENGALAMI KECELAKAAN KERJA DIKILANG MINYAK PERTAMINA INTERNASIONAL RU VI BALONGAN INDRAMAYU DALAM PRESPEKTIF HUKUM KETENAGAKERJAAN

Thiyoni Sholeh, 191000025 (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA YANG MENGALAMI KECELAKAAN KERJA DIKILANG MINYAK PERTAMINA INTERNASIONAL RU VI BALONGAN INDRAMAYU DALAM PRESPEKTIF HUKUM KETENAGAKERJAAN. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (791kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Perlindungan tenaga kerja seringkali mendapat sorotan dalam hukum ketenagakerjaan, posisi antara pengusaha dan pekerja tidak seimbang akibat perbedaan bergaining position dari para pihak dalam hubungan kerja tersebut. oleh karena itu peran negara sangat penting dalam masalah ini, negara harus memberikan instrumen untuk melindungi pekerja buruh. Permasalahan yang akan dibahas pada skripsi ini adalah Bagaimana perlindungan hukum terhadap pekerja yang mengalami kecelakaan kerja di kilang minyak Pertamina Internasional RU VI Balongan Indramayu dalam Prespektif Hukum Ketenagakerjaan, Bagaimana akibat hukum terhadap pekerja yang mengalami kecelakaan kerja di kilang minyak Pertamina Internasional RU VI Balongan Indramayu dalam Prespektif Hukum Ketenagakerjaan, Bagaimana penyelesaian perselisihan hubungan industrial dalam kecelakaan kerja di kilang minyak Pertamina Internasional RU VI Balongan Indramayu Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif analitis yaitu metode yang tujuannya memberi gambaran secara tepat mengenai karakter suatu individu keadaan gejala maupun golongan tertantu atau untuk menentukan ada atau tidaknya hubungan antara suatu gejala dengan gejala lain dalam suatu masyarakat. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis normatif yaitu metode penelitian hukum yang penggunaannya dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder belaka. Tahap penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu berupa studi dokumen dan wawancara. Alat pengumpul data terdiri dari alat pengumpul data kepustakaan dan alat pengumpul data lapangan kemudian dianalisis secara yuridis kualitatif yang berpedoman kepada hukum positif kemudian dianalisis untuk melakukan penemuan asas dan informasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap pekerja yang mengalami kecelakaan kerja di kilang minyak Pertamina Internasional RU VI Balongan Indramayu dalam Prespektif Hukum Ketenagakerjaan dengan cara pemenuhan hak terhadap pekerja tersebut yaitu pemberi kerja berkewajiban untuk mendaftarkan pekerja nya ke kepesertaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan diatur dalam Undang-undang Nomor 24 tahun 2011 jo Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 tahun 2018. Pemberi kerja berkewajiban untuk memberikan alat pelindung diri sesuai pekerja sesuai dengan Peraturan menteri tenaga kerja dan transmigrasi Nomor 8 tahun 2010. upah yang wajib dibayar oleh perusahaan apabila pekerja tidak bekerja karena sakit diatur dalam Undang-undang Nomor 13 tahun 2003. Kata kunci : Perlindungan Hukum, Kecelakaan Kerja, Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2023
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:04
Last Modified: 19 Oct 2023 02:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67150

Actions (login required)

View Item View Item