OPTIMALISASI KERJASAMA PERDAGANGAN INDONESIA – JEPANG MELALUI SKEMA IJEPA (IMPLEMENTASI E-CERTIFICATE ORIGIN BARANG EKSPOR)

Arsana, Luh Natasya Devi (2023) OPTIMALISASI KERJASAMA PERDAGANGAN INDONESIA – JEPANG MELALUI SKEMA IJEPA (IMPLEMENTASI E-CERTIFICATE ORIGIN BARANG EKSPOR). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf

Download (710kB) | Preview

Abstract

Merespon berbagai permasalahan dalam perdagangan internasional yang telah menimbulkan kerugian negara yaitu pemalsuan Certificate of Origin (CO) melalui kasus illegal transhipment atau proses pindah muat barang ekspor secara tidak sah dan kasus korupsi importasi tekstil oleh pegawai Bea Cukai dengan pemalsuan tanda tangan, tingginya harga pegiriman dokumen yang membutuhkan waktu lama serta Kebijakan Relaksasi CO manual yang tidak efektif, Pemerintah Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Jepang menerbitkan electronic CO (e- CO) dibawah kemitraan Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Jepang merupakan negara tujuan ekspor Indonesia kedua terbesar setelah Amerika Serikat dan mitra investor kedua terbesar di Indonesia. Pertama, penelitian ini mengupas mengenai proses yang dijalani Indonesia dan Jepang menuju implementasi e-CO mulai dari tahap perundingan hingga live implementation seperti adanya CO Data Exchange Working Group (COWG) dan ICT Sub-Group Meeting for Possible CO Data Exchange, perkembangan e-CO Indonesia dan Jepang, dan sistem yang dimiliki Indonesia dan Jepang yaitu Indonesia National Single Window (INSW) dan Nippon Automated Cargo and Port Consolidated System (NACCS). Kedua, penelitian ini mengupas mengenai kendala yang dihadapi kedua negara seperti koordinasi antar Kementerian / Lembaga dan penyesuaian teknologi informasi. Ketiga, penelitian ini mengupas potensi implementasi e-CO yang membawa banyak benefit bagi kedua negara. Teori yang digunakan mengacu pada konsep Ekonomi Politik Internasional khususnya Perdagangan Internasional. Penelitian in meyakini bahwa implementasi e-CO IJEPA dapat megoptimalkan perdagangan barang Indonesia- Jepang dibanding CO manual. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif bersifat deskriptif analisis. Metode kualitatif merupakan metode yang menitikberatkan pada permasalahan secara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi e-CO e-form IJEPA diprediksi berjalan dengan maksimal dengan transparasi prosedur, keabsahan tanda tangan digital, transparasi pengiriman, penghematan biaya storage fees, insurance, dan biaya keterlambatan berdasarkan studi kasus e-CO e-form D dan pertukaran e-CO Malaysia-Taipei. Kata Kunci : Electronic Certificate of Origin, IJEPA, Export

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:00
Last Modified: 10 Oct 2023 02:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67041

Actions (login required)

View Item View Item