PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD (Penelitian Quasi Eksperimen kelas IV SDN Sukanagara 01)

Rahmawati, Nursipa, 195060128 (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD (Penelitian Quasi Eksperimen kelas IV SDN Sukanagara 01). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (824kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini ialah rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa karena guru kurang melibatkan siswa secara aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini terlihat pada proses pembelajaran yang masih berlangsung secara konvensional. Sehingga, membuat siswa pasif hanya menerima informasi yang diberikan guru. Banyak siswa yang belum berani mengungkapkan gagasan dan ide-ide baru mereka, dan kurangnya wadah untuk mengekspresikan dan berpendapat sesuai dengan kreatif masing-masing siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan berbantuan media diorama, mengetahui perbedaan dan peningkatan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan berbantuan media diorama dan siswa yang menggunakan model konvensional pada materi IPA “Sumber Energi Alternatif” di kelas IV SDN Sukanagara 01. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksprimen dan design yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen, Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Desain ini mirip dengan pretestposttestcontrol group design, hanya saja pada desain ini kelompok eksperimen atau kelompok kontrol tidak diacak atau tidak dipilih secara random. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest posttest dan lembar observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t test. Terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan berbantuan diorama dengan model pembelajaran konvensional. Diketahui hasil nilai posttest kelas eksperimen nilai yang paling tinggi yaitu 96.00 dengan nilai rataratanya yaitu 75.244444. Sedangkan nilai posstest kelas kontrol nilai yang paling tertinggi yaitu 77.00 dengan nilai rata-ratanya yaitu 60.955556. Terdapat peningkatan dalam penerapan model pembejaran Project Based Learning dengan berbantuan diorama untuk meningkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN Sukanagara 01. Hal ini terlihat pada kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 7680 atau 76%, maka penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada kelas eksperimen efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci : Berpikir kreatif, model pembelajaran Project Based Learning, media diorama

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Oct 2023 02:49
Last Modified: 07 Oct 2023 02:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66919

Actions (login required)

View Item View Item