Rahmawati, Nursipa, 195060128 (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD (Penelitian Quasi Eksperimen kelas IV SDN Sukanagara 01). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (824kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini ialah rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa karena guru kurang melibatkan siswa secara aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini terlihat pada proses pembelajaran yang masih berlangsung secara konvensional. Sehingga, membuat siswa pasif hanya menerima informasi yang diberikan guru. Banyak siswa yang belum berani mengungkapkan gagasan dan ide-ide baru mereka, dan kurangnya wadah untuk mengekspresikan dan berpendapat sesuai dengan kreatif masing-masing siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan berbantuan media diorama, mengetahui perbedaan dan peningkatan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan berbantuan media diorama dan siswa yang menggunakan model konvensional pada materi IPA “Sumber Energi Alternatif” di kelas IV SDN Sukanagara 01. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksprimen dan design yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen, Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Desain ini mirip dengan pretestposttestcontrol group design, hanya saja pada desain ini kelompok eksperimen atau kelompok kontrol tidak diacak atau tidak dipilih secara random. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest posttest dan lembar observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t test. Terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan berbantuan diorama dengan model pembelajaran konvensional. Diketahui hasil nilai posttest kelas eksperimen nilai yang paling tinggi yaitu 96.00 dengan nilai rataratanya yaitu 75.244444. Sedangkan nilai posstest kelas kontrol nilai yang paling tertinggi yaitu 77.00 dengan nilai rata-ratanya yaitu 60.955556. Terdapat peningkatan dalam penerapan model pembejaran Project Based Learning dengan berbantuan diorama untuk meningkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN Sukanagara 01. Hal ini terlihat pada kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 7680 atau 76%, maka penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada kelas eksperimen efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci : Berpikir kreatif, model pembelajaran Project Based Learning, media diorama
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Oct 2023 02:49 |
Last Modified: | 07 Oct 2023 02:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66919 |
Actions (login required)
View Item |