Representasi Komunikasi Keluarga Dalam Film Disney Encanto (Studi Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Dalam Film Disney Encanto)

Rahmah, Marchline Fauzia (2023) Representasi Komunikasi Keluarga Dalam Film Disney Encanto (Studi Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Dalam Film Disney Encanto). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_Skripsi Marchline.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Skripsi Marchline.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR_Skripsi Marchline.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI _Skripsi Marchline.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1_Skripsi Marchline.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2_Skripsi Marchline.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Representasi Komunikasi Keluarga Pada Film Disney Encanto (Studi Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Film Disney Encanto ini menceritakan sebuah keluarga bernama The Madrigal yang dimana setiap anggota keluarganya memiliki kekuatan special, namun hanya ada satu yang tidak memiliki hal itu yaitu tokoh bernama Mirabel. Terdapat konflik yang terjadi antara keluarga Madrigal mengenai ikatan keluarga, perbedaan dan keegoisan. Dan tokoh Mirabel ini berusaha memperbaiki semua itu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan dan makna yang terkandung dalam film Disney Encanto ini, yang dapat dilihat dari sebuah penanda, petanda dan realitas eksternal yang ada di dalam film tersebut. Serta mencari tahu mengenai pesan moral yang terkandung dalam film Disney Encanto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis semiotika Ferdinand De Saussure untuk menganalisis makna yang terkandung di setiap scene film Disney Encanto. Adapun data dalam penelitian ini diperoleh melalui pemilihan scene pada film Disney Encanto serta wawancara mendalam dengan informan. Hasil peneitian Representasi Komunikasi Keluarga terdapat penanda dan petanda yang ada di film tersebut, pesan moral dimana keluarga ini bisa mengatasi sebuah perbedaan yang ada di keluarga mereka, realita sosial yang ada dikehidupan sehari-hari. Permasalahan komunikasi yang terjadi di kelurag Madrigal film Encanto sudah teratasi dengan baik. Kata kunci: semiotika, film, penanda, petanda, komunikasi keluarga, film animasi, Disney, Encanto

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 07 Oct 2023 01:53
Last Modified: 07 Oct 2023 01:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66909

Actions (login required)

View Item View Item