PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIK

AZ ZAHRA, SYIFA, 195050024 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (323kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah peningkatan Pemecahan Masalah Matematis yang memperoleh model Discovery Learning Dengan Pendekatan Pembelajaran Realistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh model konvensional; (2) Mengetahui apakah self-confidence siswa yang memperoleh model Discovery Learning Dengan Pendekatan Pembelajaran Realistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh model konvensional; (3) Mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model yang memperoleh model Discovery Learning Dengan Pendekatan Pembelajaran Realistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design, sampel penelitiannya terdiri dari dua kelas. Diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan model Discovery Learning Dengan Pendekatan Pembelajaran Realistik dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala kemandirian belajar. Data kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 23.0 for Windows 10. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning Dengan Pendekatan Pembelajaran Realistik lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model konvensional ; (2) Self- Confidence siswa yang memperoleh model Discovery Learning Dengan Pendekatan Pembelajaran Realistik lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model konvensional; (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self- confidence siswa yang memperoleh model Discovery Learning Dengan Pendekatan Pembelajaran Realistik. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-confidence, Model Discovery Learning, Pendekatan Realistik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Oct 2023 08:52
Last Modified: 06 Oct 2023 08:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66896

Actions (login required)

View Item View Item