PENERAPAN GAME-BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI, STRUKTUR, DAN KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK BINA WARGA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Adam, Windy Aida, 195030108 (2023) PENERAPAN GAME-BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI, STRUKTUR, DAN KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK BINA WARGA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Judul.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Penguji.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (154kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menganalisis teks negosiasi yang berfokus pada isi, struktur, dan kebahasaan. Hal tersebut karena kurang bervariasinya pendidik dalam memilih metode dan media ajar. Pemilihan metode dan media ajar yang variatif dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar. Tujuan penelitian ini guna menilai kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menggunakan game-based learning berbantuan Kahoot dalam menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan teks negosiasi; mengkaji kemampuan peserta didik yang menggunakan game-based learning berbantuan Kahoot; mengkaji efektivitas game-based learning berbantuan Kahoot dalam pembelajaran menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan teks negosiasi; dan mengkaji perbedaan kemampuan kelas eksperimen yang diterapkan game-based learning berbantuan Kahoot dengan kelas kontrol yang diterapkan metode diskusi. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif eksperimen semu. Adapun bentuk desain penelitiannya adalah pretest-posttest control group design. Data yang diperoleh, yakni hasil pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kontrol di SMK Bina Warga Bandung kelas X. Hasil penelitian ini membuktikan, bahwa: 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran dengan memperoleh rata-rata 3,7 pada perencanaan dan 3,6 pada pelaksanaan; 2) kemampuan peserta didik meningkat pada rerata pretest 75 menjadi 91,25 pada posttest; 3) game-based learning berbantuan Kahoot efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan teks negosiasi, dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney menunjukkan asymp. sig. 0,000; dan 4) terdapat perbedaan kemampuan peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dapat dibuktikan dengan hasil uji Wilcoxon menunjukkan asymp. sig. pada kelas eksperimen dan kontrol ialah 0,000. Dengan demikian, game-based learning berbantuan Kahoot dapat dijadikan pilihan metode dan media ajar. Kata kunci: Game based-learning, Kahoot, teks negosiasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:41
Last Modified: 06 Oct 2023 07:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66876

Actions (login required)

View Item View Item