PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MELALUI MODEL RADEC DAN PENGARUHNYA TERHADAP KUALITAS BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK FASE E DI SMAN 4 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

HIDAYATI, NURUL (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MELALUI MODEL RADEC DAN PENGARUHNYA TERHADAP KUALITAS BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK FASE E DI SMAN 4 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Abstrak Tesis_Nurul Hidayati_MPBSI_218090014.docx

Download (18kB)
[img] Text
COVER_Nurul Hidayati_218090014_MPBSI.docx

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan, kemampuan menulis peserta didik dalam menulis teks laporan hasil observasi yang masih sangat rendah. Hal ini terlihat dari hasil pretes < 78, serta rendahnya daya berpikir kritis peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil nilai peserta didik dalam menentukan topik dan menggagaskan hasil pengamatan dalam bentuk teks sesuai kaidah kebahasaan yang baik dan benar. Hal lain yang menjadi permasalahan adalah pendidik yang belum memaksimalkan model pembelajaran lain saat mengajar sehingga berdampak pada kejenuhan peserta didik dan peserta didik tidak memerhatikan pendidik saat menerangkan. Akibatnya banyak peserta didik mengalami kesulitan pada saat membuat teks laporan hasil observasi dan berpengaruh terhadap daya berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methode dengan menggunakan tipe embedded Desigen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain penelitian quasi exoperimental. Quasi experimental yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan desain pretes-postes pada 72 responden yaitu 36 kelompok eksperimen dan 36 lagi kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kemampuan menulis teks laporan hasil observasi peserta didik setelah memperoleh model RADEC dengan peserta didik yang memperoleh model ceramah, terdapat perbedaan tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menulis teks laporan hasil observasi yang memperoleh model RADEC dengan peserta didik yang memperoleh model ceramah, terdapat efektivitas penerapan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi peserta didik setelah menggunakan model RADEC, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi setelah menggunakan model pembelajaran RADEC, sehingga hipotesis teruji kebenarannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model RADEC dapat meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dan berpengaruh terhadap daya berpikir kritis peserta didik. Kata kunci : RADEC, peningkatan, kemampuan menulis, berpikir kritis dan Teks Laporan Hasil Observasi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: Mr PASCA-Asep -
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:23
Last Modified: 06 Oct 2023 03:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66844

Actions (login required)

View Item View Item