MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @BANDUNGPEMKAB SEBAGAI MEDIA INFORMASI PUBLIK KABUPATEN BANDUNG

Dwiyana, Septian (2023) MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @BANDUNGPEMKAB SEBAGAI MEDIA INFORMASI PUBLIK KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - TIAN.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK..pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA - SEPTIAN.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II - TIAN.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan media sosial perlu adanya strategi dalam mengelolanya, karena hal ini menjadi salah satu faktor untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan tentunya menjadi citra positif di masyarakat akan apa yang di informasikan melalui media sosial. Internet telah membuat pelaku public relations juga memanfaatkan media online karena media ini memang sudah tidak dapat dihindarkan. Pengelolaan sosial media menjadi sangat penting bagi instansi perusahaan atau pemerintah yang memiliki sosial media untuk memberikan informasi mengenai berbagai kegiatan atau informasi umum yang dibutuhkan oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori excellent. Teori excellent juga merupakan teori yang menjelaskan bentuk ideal dari peran public relations di dalam perusahaan. Teori Excellent yang digunakan yaitu Model Two-Way Symetric. Model two-way symetric memungkinkan public relations bekerja berdasarkan prinsip-prinsip keterbukaan informasi, ekualitas, berorientasi publik, saluran komunikasi. Subjek penelitian ini berupa konten media sosial Instagram dan staf public relations dari Pemkab Bandung yang menjadi admin pada Instagram @BandungPemkab. Objek penelitian ini adalah beberapa postingan Instagram @BandungPemkab. Metode penelitian ini kualitatif dengan studi deskriptif. Penelitian ini menggunakan paradigma Post-Positivistik. Prosedur pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini yaitu Keterbukaan Informasi yang dilakukan public relations Pemkab Bandung melalui media sosial Instagram @bandungpemkab sudah baik. Ekualitas pada public relations dalam menghadapi keberagaman publik di Pemkab Bandung melalui media sosial Instagram @bandungpemkab sudah dijalankan dengan baik. Orientasi publik dari public relations di Pemkab Bandung melalui media sosial Instagram @bandungpemkab sudah baik namun masih terlihat satu arah. Akun Instagram @BandungPemkab digunakan sebagai saluran komunikasi dalam menjalankan peran public relations di Pemkab Bandung juga dijalankan sesuai dengan kebutuhan informasi bagi masyarakat. Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Media Informasi Publik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:56
Last Modified: 06 Oct 2023 02:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66841

Actions (login required)

View Item View Item