INTERAKSI SIMBOLIK DRIVER GOJEK DAN PELANGGAN (Studi Kualitatif pada Driver Gojek dan Pelanggan di Kota Bandung)

Tiana, Evi Ros (2023) INTERAKSI SIMBOLIK DRIVER GOJEK DAN PELANGGAN (Studi Kualitatif pada Driver Gojek dan Pelanggan di Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (682kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Interaksi simbolik Driver dengan pelanggan di Kota Bandung”. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep interaksi diri, konsep interaksi perbuatan, konsep interaksi objek, konsep interaksi sosial, konsep interaksi tindakan bersama pengguna aplikasi Gojek beserta drivernya di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah Teori Interaksi Simbolik George Herbert Blummer. Sedangkan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan literatur. Berdasarkan hasil penelitian melalui sebelas informan yang diperoleh bahwa interaksi simbolik pada driver dan pelangganya adalah Driver Gojek dan pelanggan saling berkoordinasi melalui aplikasi atau komunikasi langsung untuk memastika n penjemputan yang efisien. Pelanggan memberikan informasi detail tentang lokasi penjemputan yang jelas, sementara driver memastikan ketersediaan dan kecepatan kedatangan mereka. Dan dengan perilaku yang ramah, baik, sopan santun membuat pelanggan driver tersebut memberikan nilai terbaik untuk drivernya. Jasa pelayanan yang dilaksanakan perusahaan tersebut dalam upaya untuk memberikan rasa kepuasan, menimbulkan kepercayaan terhadap pihak pelanggan. Interaksi simbolik pada driver dan pelanggan, merupakan suatu interaksi yang terjadi antara driver dan pelanggan terbentuk dari konsep diri masing – masing dan bertindak berdasarkan maknanya. Driver dan pelanggan saling memaknai objek, sehingga melalui interaksi yang terjadi, terbentuklah suatu tindakan bersama agar mencapai target yang telah di rancang yaitu mengantarkan pelanggan sampai tujuan dan driver mendapatkan bintang lima dari pelanggan. Saran untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya peneliti melakukan wawancara tambahan kepada informan atau menambah informan untuk menggali penelitian lebih dalam. Peneliti merekomendasikan sebaiknya dilakukan komunikasi yang baik dalam berinteraksi sosial, supaya proses komunikasi tidak kaku dan cenderung santai. Kata Kunci: Interaksi Simbolik, Driver Gojek, dan Pelanggan Driver

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:45
Last Modified: 06 Oct 2023 02:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66831

Actions (login required)

View Item View Item