PENGARUH EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL, KOMPETENSI AUDITOR INTERNAL, DAN WHISTLEBLOWING SYSTEM TERHADAP EFEKTIVITAS PENCEGAHAN KECURANGAN (Survei pada SPI di PDAM se-Jawa Barat)

Anisa Saputri Rahman, 194020085 and Dr. Hj. Liza Laila Nurwulan,SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing I and Bingky Landarica,SE.,M.Ak, Pembimbing II (2023) PENGARUH EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL, KOMPETENSI AUDITOR INTERNAL, DAN WHISTLEBLOWING SYSTEM TERHADAP EFEKTIVITAS PENCEGAHAN KECURANGAN (Survei pada SPI di PDAM se-Jawa Barat). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ANISA SAPUTRI .pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ANISA SAPUTRI .pdf

Download (973kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ANISA SAPUTRI .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ANISA SAPUTRI .pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh efektivitas pengendalian internal, kompetensi auditor internal, dan whistleblowing system terhadap efektivitas pencegahan kecurangan pada SPI di 4 PDAM se-Jawa Barat. Pendekataan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data primer. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive. Dari kriteria yang ditetapkan diperoleh jumlah sampel yang diambil sebanyak 33 SPI. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji f. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat secara parsial efektivitas pengendalian internal berpengaruh terhadap efektivitas pencegahan kecurangan dengan kontribusi sebesar 21.9% kompetensi auditor internal berpengaruh terhadap efektivitas pencegahan kecurangan dengan kontribusi sebesar 27.1% whistleblowing system berpengaruh terhadap efektivitas pencegahan kecurangan dengan kontribusi sebesar 21.4% efektivitas pengendalian internal, kompetensi auditor internal, whistleblowing system berpengaruh secara simultan memberikan pengaruh sebesar 70.4% terhadap efektivitas pencegahan kecurangan. Hal ini menunjukkan bahwa pengendalian internal yang efektif jika ditambahkan dengan kompetensi auditor internal dan dengan diterapkannya whistleblowing system, maka pencegahan kecurangan akan semakin efektif. Kata Kunci : Efektivitas Pengendalian Internal, Kompetensi Auditor Internal, Whistleblowing System, Efektivitas Pencegahan Kecurangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:51
Last Modified: 05 Oct 2023 07:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66787

Actions (login required)

View Item View Item