PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DISCLOSURE, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Oktavian Tanjung, 194020106 and Ruslina Lisda, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2023) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DISCLOSURE, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris mengenai Pengaruh Good Corporate Governance Disclosure, Kebijakan Dividen, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini, yaitu Good Corporate governance Disclosure, Kebijakan Dividen, dan Profitabilitas sebagai variabel dependen dan Nilai Perusahaan sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website resmi masing-masing perusahaan dan website www.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Sub Sektor Asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2022 yang berjumlah 17 perusahaan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 5 perusahaan. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi, uji t, uji f, dan koesifien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Good Corporate Governance Disclosure berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan pengaruh sebesar 36,32%, Kebijakan Dividen tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan hanya memberikan pengaruh sebesar 4,39%, dan Profitabilitas berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan sebesar -6,92%. Sedangkan secara simultan Good Corporate Governance Disclosure, Kebijakan Dividen, dan Profitabilitas berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan pengaruh sebesar 33,8%. Kata Kunci: Good Corporate Governance Disclosure, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Nilai Perusahaaan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:06
Last Modified: 05 Oct 2023 07:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66773

Actions (login required)

View Item View Item