PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT (Studi Pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021)

Belladiah Ramadhanti, 194020182 and Dr.H. Sasa S Suratman,SE.,MSIE,Ak,CA, Pembimbing I and Budi Septiawan S.E.M.AK.,MBA, Pembingbing II (2023) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT (Studi Pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (INDONESIA DAN INGGRIS).pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris mengenai Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Dewan Komisaris Independen Terhadap Pengungkapan Sustainability Report (Studi Pada Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021). Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini, yaitu Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Dewan Komisaris Independen sebagai variabel independen, dan Sustainability Report sebagai variabel dependen. Penelitian ini dilakukan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan, laporan tahunan, dan laporan berkelanjutan yang diperoleh dari website resmi masing-masing perusahaan dan website www.idx.co.id. Populasi dari penelitian ini adalah 15 perusahaan Sektor Energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling yang menghasilkan 80 sampel perusahaan selama 5 tahun. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis verifikatif, analisis korelasi, dan koefisien determinasi. Sedangkan pengujian hipotesis yang digunakan adalah statistik uji parsial (uji t) dan Uji Hipotesis Simultan (Uji F) menggunakan IBM SPSS Statistik Versi 25. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021 diketahui bahwa Profitabilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan sustainability report sebesar 14,2%, Leverage secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan sustainability report sebesar 16,5%, ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan sustainability report sebesar 19,3%, komisaris independent secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan sustainability report sebesar 19,7%. Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris Independen dan Sustainability Report.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:37
Last Modified: 05 Oct 2023 01:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66735

Actions (login required)

View Item View Item