STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT (Studi Kasus Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi)

Mahfudz, Fathul Lauhul (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT (Studi Kasus Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka - Skripsi Fathul L.M. 192010133.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover - Skripsi Fathul L.M 192010133.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi - Skripsi Fathul L.M. 192010133.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak - Skripsi Fathul L.M 192010133.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan - Skripsi Fathul L.M 192010133.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar - Skripsi Fathul L.M 192010133.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - Skripsi Fathul L.M. 192010133.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - Skripsi Fathul L.M 192010133.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Desa Pantai Bahagia merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi yang memiliki berbagai macam sektor wisata yang sangat potensial. Dengan berbagai objek wisata meliputi Pantai Muara Beting, Hutan Mangrove seluas 2000 hektare serta Konservasi Lutung Jawa. Hal tersebut menjadi potensi yang sangat besar untuk dapat mengembangkan desa pantai bahagia menjadi Desa Wisata. Disisi lain, Kabupaten Bekasi sejauh ini dikenal sebagai “Sub-Urban Fringe” dengan persentase kawasan industri sebesar 56% dari luas total kawasan industri yang ada di Jawa Barat. (Badan Pusat Statistik Kabupaten Bekasi Desember 2022). Desa wisata mampu menjadi fokus pembangunan berkelanjutan sebab jika suatu desa telah mampu mengurusi kebutuhan desanya baik secara ekonomi, sosial maupun kesehatan dengan mandiri maka akan mempermudah dalam proses pembangunan nasional. Oleh karenanya desa wisata sendiri sangatlah relevan untuk dapat mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada di desa dengan memaksimalkan partisipasi masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan alternatif kebijakan yang dapat digunakan oleh pemerintah daerah terkait melalui Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif serta menggunakan teori keberhasilan pengembangan desa wisata melalui partisipasi masyarakat dari Cooper dalam Ardiansyah (2020:159). Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi secara langsung, wawancara dengan infromam yang telah ditentukan, dan dokumentasi yang menyertai. Teknik tersebut dilakukan agar data-data yang diperlukan dalam penelitian didapatkan secara konkrit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor keberhasilan pengembangan desa wisata yang ditinjau dari teori Cooper dalam Ardiansyah (2020:159) berdasarkan pada faktor Attraction (Atraksi), Accessibility (Aksesibilitas), Amenity (Fasilitas), dan Ancillary (Pelayanan Tambahan) belum terealisasikan dengan optimal. Namun dari tingkat partisipasi masyarakat desa pantai bahagia telah mengindikasikan kemampuannya untuk menjadikan desa pantai bahagia sebagai desa wisata di Kabupaten Bekasi. Hal tersebut semakin diperkuat dengan keaktifan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alip Bata dalam memberdayakan masyarakat setempat sebagai bentuk kesadaran dan kepedulian masyarakat setempat terhadap potensi wisata yang dimilikinya. Kata Kunci: Desa Pantai Bahagia, Strategi Pengembangan, Partisipasi Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:24
Last Modified: 05 Oct 2023 01:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66729

Actions (login required)

View Item View Item