PERAN POLA KADERISASI PARTAI POLITIK TERHADAP KEPEMIMPINAN DI DAERAH PROVINSI JAWA BARAT (Studi Kasus di Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Jawa Barat).

HENDRAWAN, IRWAN, 185010003 (2023) PERAN POLA KADERISASI PARTAI POLITIK TERHADAP KEPEMIMPINAN DI DAERAH PROVINSI JAWA BARAT (Studi Kasus di Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Jawa Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Partai PDI Perjuangan menjadi jajaran partai yang selalu naik pada kontestasi politik di Jawa Barat. Partai dengan lambang banteng ini selalu mendapatkan suara yang tinggi di tingkat nasional dan menjadi partai nomor dua tertinggi di Jawa barat, dan dapat dikatakan bahwa PDI Perjuangan selalu mendominasi kontes Politik yang ada di Jawa Barat. Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Pola Kaderisasi oleh partai PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat dalam mempersiapkan kader sebagai pemimpin di tingkat daerah penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan melakukan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perlu ditekankan kembali bahwa dalam menjalankan kegiatan kepartaian PDI Perjuangan tidak mengandalkan satu atau beberapa tokoh partai dalam mengembangkan partai namun semua keberhasilan partai merupakan hasil kerja keras para kader PDI Perjuangan. Sehingga dari hasil tersebut dapat dinilai bahwa upaya partai dalam mendorong kadernya untuk turun dan aktif dalam masyarakat telah berhasil baik dalam proses pendidikan kadernya secara formal maupun diluar pendidikan kader melalui serangkaian kegiatan dan program yang digunakan oleh PDI Perjuangan Jawa barat. banyaknya tokoh politik berasal dari PDI Perjuangan menjadi salah satu keberhasilan indikator kaderisasi yang dilakukan oleh PDI Perjuangan. Dapat disimpulkan bahwa Pola Kaderisasi oleh partai PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat dalam mempersiapkan kader sebagai pemimpin di tingkat daerah meliputi kaderisasi formal dan informal. Kedua kaderisasi tersebut saling berkaitan erat satu sama lain guna mendukung kebijakan dan program PDI Perjuangan Jawa Barat. Dimana kaderisasi formal dilaksanakan dalam bentuk pendidikan kader melalui kelas serta pendidikan berjenjang yang tahapan dan prosesnya disesuaikan dengan kebutuhan. Kata Kunci: Partai PDI Perjuangan, Pola Kaderisasi, Politik,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:31
Last Modified: 04 Oct 2023 07:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66695

Actions (login required)

View Item View Item