PENERAPAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY DALAM PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT. INDORAMA SYNTHETICS POLYESTER DIVISION DI PURWAKARTA

Eka Ayu Novrianti, 194010261 and Dr. Atty Tri Juniaarti, SE.,MSi, Pembimbing (2023) PENERAPAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY DALAM PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT. INDORAMA SYNTHETICS POLYESTER DIVISION DI PURWAKARTA. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT. Indorama Synthetics Polyester Division dalam persediaan bahan bakunya belum optimal. Saat ini PT. Indorama Synthetics Polyester Division telah menggunakan metode First In First Out (FIFO) dalam pengendalian bahan baku yaitu barang yang pertama diterima adalah barang yang pertama kali digunakan. Berdasarkan permasalahan yang terjadi pada persediaan bahan baku di PT. Indorama Synthetics Polyester Division peneliti menyarankan untuk menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) dalam pengendalian persediaan bahan baku dikarenakan jumlah pemesanan yang ekonomis, dapat mengurangi frekuensi pemesanan, menyiapkan persediaan pengaman untuk menghindari kekurangan bahan baku serta titik pemesanan ulang yang diketahui untuk menghindari kehabisan bahan baku untuk kebutuhan produksi. Hasil penelitian, pengendalian persediaan bahan baku menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) menghasilkan jumlah pemesanan persediaan bahan baku yang ekonomis dibandingkan kebijakan oleh perusahaan. Untuk peneliti selanjutnya yang akan menggunakan metode EOQ disarankan agar menggunakan software POM QM agar hasil perhitungan lebih akurat dan waktu penelitian lebih efisien. Kata Kunci: Pengendalian Persediaan, Economic Order Quantity (EOQ)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:15
Last Modified: 04 Oct 2023 06:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66671

Actions (login required)

View Item View Item