Widaningsih, Eva, 185060043 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (291kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD X-3 Kartika Parongpong tahun ajaran 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar. Jumlah populasi yang digunakan yaitu 50 siswa dengan jumlah 25 siswa di kelas VC dan 25 siswa di kelas VB. Sampel yang diambil pada penelitian yaitu kelas VC sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kontekstual dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu desain penelitian ekperimen semu atau Quasi Eksperimen dengan jenis Non-equevalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan dokumentasi, lembar observasi dan lembar tes yang terdiri dari Pretest dan Posttest. Untuk instrument yang digunakan yaitu berupa 10 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Perhitungan data dalam penelitian ini dibantu dengan aplikasi SPSS versi 16.0. Nilai rata-rata N-Gain untuk kelas eksperimen yaitu 0,59 sedangkan untuk kelas kontrol yaitu 0,27, sehinga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan rata-rata nilai hasil belajar matematika siswa yang memakai model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukannya uji independent Sample t Test N-Gain dapat disimpulkan jika hipotesis dalam penelitian ini diterima karena sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil uji Effect Size pada penelitian ini bernilai sebesar 5,82 dimana nilai tersbut ke dalam kategori tinggi atau besar. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar berpengaruh besar. Penggunaan model pembelajaran kontekstual terhdap hasil belajar matematika siswa di kelas V memberikan pengaruh besar dibandingkan dengan siswa yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 04:11 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 04:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66660 |
Actions (login required)
View Item |