KOMUNIKASI PASANGAN DALAM MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN PACARAN JARAK JAUH (Studi Kasus Pengalaman Mempertahankan Hubungan Pacaran Jarak Jauh Dengan Anggota TNI AD di Pussenif Kota Bandung)

Rachmani, Sabilla Fauzia (2023) KOMUNIKASI PASANGAN DALAM MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN PACARAN JARAK JAUH (Studi Kasus Pengalaman Mempertahankan Hubungan Pacaran Jarak Jauh Dengan Anggota TNI AD di Pussenif Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I..pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, hubungan pacaran jarak jauh sudah tidak asing lagi didengar. Hubungan jarak jauh merupakan hubungan pacaran dimana pasangan dipisahkan oleh jarak fisik yang tidak memungkinkan adanya kedekatan fisik. Hubungan ini biasanya disebabkan karena beberapa hal, salah satunya tuntutan pekerjaan. Kunci dari keberhasilan hubungan pacarana jarak jauh adalah tentunya dengan komunikasi. Penelitian ini berjudul Pola Komunikasi Pasangan Dalam Mempertahankan Hubungan Pacaran Jarak Jauh, dengan studi kasus pengalaman mempertahankan hubungan pacarana jarak jauh dengan anggota TNI Angkatan darat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi yang terjadi dalam sebuah hubungan untuk mempertahankan dan menjaga hubungan dalam keadaan stabil yang dianalisi berdasarkan teori Relatiosnhip Maintenance menurut Canary. Terdapat lima dimensi pemeliharaan hubungan atau relationship maintenance yang terbukti paling berhasil dalam hubungan-hubungan jangka Panjang, yakni positivity, openness, assurances, sharing tasks, social networks. Serta ingin mengetahui proses interaksi yang terjalin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sehingga cara yang dilakukan untuk memperoleh data adalah dengan wawancara untuk mengasilkan data deskriptif berupa kata – kata tertulis dari informan terpilih. Hasil penelitian menunjukan komunikasi yang terjadi dalam hubungan antara pasangan untuk mempertahankan hubungan jarak jauhnya cukup beragam. Cara mereka mengimplementasikan setiap elemen tersebut berbeda – beda, namun dengan tujuan yang sama. Kedua belah pihak sama sama memberikan komunikasi dan feedback yang baik dan setara. Meskipun dari tempat yang saling berjauhan dan tidak bisa melakukan kegiatan secara bersama mereka tetap memenuhi perannya serta tetap menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pasangan. Beberapa konflik yang terjadi dalam hubungan juga dapat diselesaikan dengan baik oleh pasangan. Kata kunci : Komunikasi Pasangan Jarak Jauh, Mempertahankan, Hubungan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 04 Oct 2023 02:12
Last Modified: 04 Oct 2023 02:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66630

Actions (login required)

View Item View Item