MUBSYIROH ALJAMALIAH, IMAS (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMA / MA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
|
Text
ARTIKEL IMAS MUBSYIROH ALJAMALIAH _218060022.pdf Download (523kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self Confidence siswa SMA / MA melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Methods), dan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 6 pertemuan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MAS Al-Bidayah Batujajar dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan instrumen non tes berupa lembar observasi, angket dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) secara signifikan lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional. Self Confidence siswa yang belajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Terdapat hubungan signifikan dan berkorelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan self confidence. Namun demikian korelasi antara kemampuan komunikasi matematis, kemampuan pemecahan masalah dan self confidence dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kemampuan siswa dalam berkonsentrasi, kondisi sosial dan ekonomi siswa, kemampuan guru dalam menyampaikan materi. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Pemecahan Masalah dan self confidence
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023 |
Depositing User: | Mr PASCA-Asep - |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 01:55 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 01:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66624 |
Actions (login required)
View Item |