PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN BELANJA MODAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2017-2021)

Novita Nurcahyati, 194020056 and Dr. Elvira Zeyn, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2023) PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN BELANJA MODAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2017-2021). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pendapatan asli daerah dan belanja modal terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota di provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2017-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data sekunder berupa Laporan Realisasi APBD yang telah diaudit oleh BPK pada tahun anggaran 2017-2021 yang diperoleh melalui situs www.jabar.bps.go.id.. Sampel yang penelitian ini sebanyak 27 yang terdiri dari Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Barat. Teknik sampling yang digunakan adalah Non-Probability Sampling dengan metode Sampling Jenuh. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 135. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, korelasi berganda, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial dan uji simultan serta analisis koefisien determinasi dengan bantuan menggunakan software SPSS IBM Statistics 29. Hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa secara parsial pendapatan asli daerah berpengaruh terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah Jawa Barat, belanja modal berpengaruh terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah Jawa Barat, sedangkan pendapatan asli daerah dan belanja modal secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah Jawa Barat. Dimana besarnya pengaruh pendapatan asli daerah sebesar 38,8% terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah Jawa Barat, besarnya pengaruh belanja modal sebesar 27,2% terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah Jawa Barat. Secara simultan pendapatan asli daerah dan belanja modal terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah sebesar 66%, sedangkan sisanya yaitu 34% merupakan pengaruh faktor diluar kedua variabel independen yang sedang diteliti, seperti dana perimbangan, pertumbuhan ekonomi, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus, ukuran pemerintahan, dan lain-lain. Kata Kunci: Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal, Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 03 Oct 2023 13:58
Last Modified: 03 Oct 2023 13:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66576

Actions (login required)

View Item View Item