KONSTRUKSI MAKNA KATA KEBETULAN PADA IKLAN “GOPAY : BUKAN KEBETULAN KAMU LIHAT VIDEO INI” DI YOUTUBE (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

SHOFWAN, SALMA ULFANI (2023) KONSTRUKSI MAKNA KATA KEBETULAN PADA IKLAN “GOPAY : BUKAN KEBETULAN KAMU LIHAT VIDEO INI” DI YOUTUBE (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 bahasa.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar persetujuan.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata pengantar.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul KONSTRUKSI MAKNA KATA KEBETULAN PADA IKLAN “GOPAY : BUKAN KEBETULAN KAMU LIHAT VIDEO INI” DI YOUTUBE (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Iklan ini juga memiliki makna dan juga tanda-tanda yang dapat dimaknai oleh kita sebagai wujud dari pelayanan yang diberikan oleh GoPay dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini pun bertujuan untuk menganalisis makna Denotasi, Konotasi, serta Mitos yang terdapat dalam iklan GoPay versi “Bukan Kebetulan Kamu Lihat Video Ini” di Youtube. Selain untuk mengetahui makna pesan yang disampaikan melalui Konotasi, Denotasi dan Mitos yang ada pada iklan tersebut, penelitian kali ini juga memiliki tujuan untuk mengetahu konstruksi makna kata "kebetulan" dalam iklan GoPay versi "Bukan Kebetulan Kamu Lihat Video Ini" di platform YouTube. Iklan ini dipilih sebagai objek penelitian karena mengandung penggunaan kata "kebetulan" yang disajikan dalam bentuk humor dan memunculkan pertanyaan mengenai arti sebenarnya dari kata tersebut dalam konteks iklan sehingga iklan tersebut menarik perhatian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika roland barthes serta menggunakan Teori Konstruksi Realitas Sosial. Teknik penelitian yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Data yang digunakan adalah teks iklan dan tanggapan pengguna yang diunggah di bawah video iklan di YouTube. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengidentifikasi makna konstruksi kata "kebetulan" dalam konteks iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi makna kata "kebetulan" dalam iklan GoPay versi "Bukan Kebetulan Kamu Lihat Video Ini" memiliki variasi makna yang lebih kompleks daripada pengertian konvensionalnya. Kata tersebut digunakan untuk menciptakan efek kejutan dan keterkaitan dengan pengalaman pribadi para penonton. Selain itu, konstruksi makna kata "kebetulan" juga digunakan untuk menyampaikan pesan promosi yang menggugah emosi dan memperkuat hubungan antara merek GoPay dengan pengguna. Kata Kunci : Iklan, Konstruksi Makna, Semiotika Roland Barthes

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:07
Last Modified: 03 Oct 2023 07:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66541

Actions (login required)

View Item View Item