KERJA SAMA INDONESIA-JAPAN MELALUI SKEMA USER SPESIFIC DUTY FREE SCHEME DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI OTOMOTIF DI INDONESIA.

ARBI, YUDEBIO (2023) KERJA SAMA INDONESIA-JAPAN MELALUI SKEMA USER SPESIFIC DUTY FREE SCHEME DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI OTOMOTIF DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
REFERENSI.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Hubungan Bilateral antara Indonesia dengan Jepang sudah berlangsung dari bulan April pada tahun 1958 yang berawal dari adanya Perjanjian Damai antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Jepang. Perjanjian Bilateral Pertama bagi Indonesia dan Jepang merupakan Kemitraan Ekonomi. Hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang telah berkembang dengan sangat cepat melalui bantuan ekonomi dari Pemerintah, yaitu Official Development Assistance atau disebut dengan ODA, atau Bantuan Pembangunan Resmi. Hubungan Bilateral Kemitraan Eknonomi baru dimulai sejak tanggal 20 Agustus 2007 dengna menandatangani Perjajian Indonesia-Japan Economic Parnertship Agreement atau IJEPA. Dalam perjanjian ini kesepakatan bilateral antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Jepang terkait dengan perdagangan bebas dalam rangka kerja sama pada bidang ekonomi. Indonesia- Japan Economic Partnership Agreement atau IJEPA merupakan salah satu bentuk perjanjian yang luas dan juga kesepakatan pada perdagangan bebas dalam satu kesepakatan kerja sama ekonomi antar dua negara. Adapun tujuan dari perjanjian ini adalah guna untuk memperkokoh kemitraan ekonomi antara Indonesia dan Jepang, yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi di sektor liberalisasi, kapasitas, investasi yang ditunjukkan pada peningkatan arus barang di lintas batas, serta peningkatan perdagangan. User Spesific Duty Free Scheme atau USDFS merupakan skema yang ada di IJEPA yang tujuannya untuk membebaskan bea masuk nol persen untuk bahan mentah yang di impor dari Jepang yang akan diproduksi dalam industri otomotif. Penelitian ini menganalisis tentang kerja sama Pemerintah Republik Indonesia melihat pengembangan industri otomotif di Indonesia dengan menggunakan Skema USDFS. Dalam penelitian ini menggunakan data wawancara semi struktur yang bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan data secara matang, jelas dan terpercaya terhadap kerja sama IJEPA dan mengetahui pengembangan industri sektor otomotif di Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukan pada pemafaatan USDFS masih belum optimal. Dengan menggunakan Skema USDFS ini berdampak pada peningkatan impornya terlebih khusus dari Jepang. Kata Kunci: Kerja sama Bilateral, IJEPA dan USDFS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 03 Oct 2023 06:58
Last Modified: 03 Oct 2023 06:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66537

Actions (login required)

View Item View Item